Ponpes TEI Multazam

معهد الملتزم الاسلامي
  البرنامج التعليمي الدولي

MULTAZAM International Education Program (MIEP)

Internasional Education Program (IEP)

Kelas Internasional di Istanbul – Turkey 1, 2,3 Tahun

MUKADDIMAH

Multazam Internasional Education Program (MIEP) adalah program pendidikan di tingkat MTs/SMP dan MA/SMA yang dilakukan di luar negeri.

Program ini bertujuan untuk mencetak santri berwawasan global dan internasional. Sehingga kiprah santri yang telah dibekali pengetahuan dan ilmu agama Islam, dapat berguna bukan hanya di tingkat regional, akan tetapi juga dapat berkiprah di tingkat internasional.

Untuk sementara, program ini akan dilaksanakan di kota Istanbul Turki bekerjasama dengan Lembaga Marmara Nurul Fikri, Istanbul Turki, yang telah berengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan di beberapa Negara, Seperti Yordania dan Turki.

Dipilihnya Negara Turki sebagai tempat MIEP, selain karena letaknya strtategis yang barada di antara dua benua Asia dan Eropa, Turki juga banyak meninggalkan situs-situs bersejarah, sejak era Yunani, kekhalifahan Turki Usmani  hingga era Demokrasi seperti sekarang ini. Oleh sebab itu, ada tiga (3) bahasa yang akan diberikan kepada para santri, yaitu bahasa Arab, Inggris dan Turki. Sehingga diharapkan, para santri dapat belajar langsung melalui tempat bersejarah disana dengan menggunakan bahasa dunia dan bahasa sumber negaranya.

Selain Program Kelas Internasional di Turki, Multazam Internasional Education Program (MIEP) juga nantinya akan membuka program lain di berbagai Negara (Arab Saudi, Malaysia, Australia dan lain-lain), seperti Short Course, Home Stay, Talaqi al-Quran Bersanad dan lain sebagainya.

MULTAZAM INTERNASIONAL EDUCATION PROGRAM (MIEP)

Multazam Internasional Education Program (MIEP) adalah program pendidikan di tingkat MTs/SMP dan MA/SMA yang dilakukan di luar negeri, serta penyiapan santri menjadi mahasiswa di salah satu universitas yang berada di Luar Negeri.

Program ini adalah hasil kerja sama antara Pesantren TEI Multazam dengan Lembaga Marmara Nurul Fikri yang berkedudukan di Istanbul – Turki.

TUJUAN PR0GRAM

 Program Pendidikan Internasional di Istanbul, Turki ini bertujuan :

  1. Penyiapan generasi unggul yang terdidik dengan baik yang berorientasi pada nilai-nilai Rabbani
  2. Pendidikan dan pembinaan yang melahirkan kepribadian yang Qurany
  3. Membangun mimpi dan cita-cita  perjuangan untuk kejayaan umat islam
  4. Lahirnya pribadi dan calon pemimpin muslim yang berwawasan global dan internasional

PAKET PR0GRAM

 Paket Program MIEP  terdiri dari 3 (tiga) macam, yaitu:

  1. Paket Reguler 1 untuk kelas 10 dan 11 selama dua  (2) tahun  belajar di Turki, dan pada saat kelas 12, peserta kembali belajar di Tanah Air
  2. Paket Reguler 2 untuk kelas 11 dan 12 selama dua (2) tahun belajar di Turki. Sedangkan saat kelas 10 belajar di Tanah Air
  3. Paket Kelas Fondation untuk kelas 12 selama setahun belajar di Turki, sedangkan kelas 10 dan 11 nya belajar di Tanah Air.

Pada Program Paket Reguler 2 dan Paket Fondation akan diberikan juga materi persiapan menghadapi test masuk kuliah di  kampus-kampus di Turki

Jenis ProgramDurasi ProgramKelasUraian Program
Reguler 12 tahunKelas 10 dan 11 di Turki     kelas 12 di IndonesiaTahfizh dan Prog Sanad Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Turki Tarbiyyah Islamiyyah Islamic Leadership Dirosah Islamiyyah (al Quran dan Ulum al Quran, Hadis wa Ulumuhu, Fiqh., Siroh, Academik kediknasan dan UN di Indonesia
Reguler 22 tahun11 dan 12 di Turki      dan kelas 10  di IndonesiaTahfizh dan Prog Sanad Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Turki Tarbiyyah Islamiyyah Islamic Leadership Dirosah Islamiyyah (al Quran dan Ulum al Quran, Aqidah Islamiyyah, Hadis wa Ulumuhu, Fiqh., Siroh, Program Penyiapan Masuk Universitas di Turki (Foundation Class) Akademik Kediknasan dan UN di Turki
Foundation Class1 tahunKelas 12 di TurkiTahfizh dan Prog Sanad Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Turki Tarbiyyah Islamiyyah Islamic Leadership Dirosah Islamiyyah (al Quran dan Ulum al Quran, Hadis wa Ulumuhu, Fiqh., Siroh, Program Penyiapan Masuk Universitas di Turki (Foundation Class) Akademik Kediknasan dan UN di Turki

KURIKULUM  IEP

  1. Memadukan antara kurikulum umum dengan leadership dan dirosah islamiyah melalui pendekatan pendidikan dan tarbiyah islamiyah yang efektif.
  2. Kurikulum diknas pada mata pelajaran utama yang diujikan di Ujian Nasional sesuai jurusan yang diplih
  3. Tahfizh al-Quran dengan minimal 2 macam qiroat dan bersanad.
NoMuatan KurikulumKelasMateriKet
1Kurikulum Dirosah IslamiyyahX, XI, XII/ Fondation Class– Al Qur’an Dan Ulumul Qur’an – Fiqh Ibadah Dan Muamalah      – Aqidah Islamiyah – Adab Dan Akhlak – Sirah Nabawiyah  – Hadits Dan Ilmu Hadits – Tarbiyah Islamiyah – Sanad
2Kurikulum BahasaX, XI,XII/FC      – Bahasan Arab       – Bahasa Inggris       – Bahasa Turki
3Kurikulum LeadershipX, XI,XII/FC – Keorganisasian  – Manajerial  – Team Building  – Public Speaking  – Negosiasi Dan Diplomasi – Manajemen Konflik Dan Social Engineering – Spiritual, Emotional Dan Adversity Quotients

KONSULTAN PENDIDIKAN:

  1. AL QUR’AN – SYAIKH DR. UMAR YUSUF SYARU AS SYAFI’I AL MIRONY AL KURDY ( ULAMA AL QUR’AN BERSANAD )
  2. DIROSAH DAN TARBIYAH ISLAMIYAH – SYAIKH DR. SAMEER SAID ( DOSEN DAN PRAKTISI DAKWAH )
  3. BAHASA – SYAIKH DR. ALY BIOUDH AL JAZAAIRY ( DOSEN DAN PRAKTISI DAKWAH )

AGENDA KEGIATAN

A. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Aktifitas belajar mengajar ini dilaksanakan dari hari ahad sampai dengan hari kamis. Metode pembelajaran yang menarik, interaktif, dan menyenangkan, menjadikan para santri terpicu dan terpacu untuk mempelajari Bahasa Arab dan Turki, dan memotivasi peserta dalam pengembangan diri.

Dalam pembelajarannya mereka didampingi oleh para pengajar yang berkualitas sekaligus juga sebagai native speaker dalam kegiatan belajar mengajarnya.

BPraktek Bahasa Arab Sehari-hari:  Harcama/ Berbelanja  Study Tour.

Agenda yang dirancang untuk mengenal budaya dan keseharian masyarakat Turki dalam agenda berbelanja/ tasawuq/ harcama dan Study Tour. Tentunya para peserta diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa arab dan turki dengan para pedagang, supir taksi, dan masyarakat sekitarnya, sekaligus juga memperkenalkan ragam budaya Indonesia.

MENGHAFAL AL-QURAN

Metode Akselerasi Setoran Hafalan

Dengan metode yang diberikan oleh para musyrif tahfizhnya dan disesuaikan dengan kemampuan pesertanya, sebagian peserta menyelesaikan setoran hafalan Qurannya sesuai dengan waktu pelaksanaan program.

Mahasiswi IEP di Turki

Program Sanad Tilawah

Peserta yang telah menyelesaikan hafalannya 30 juz, dikelompokkan untuk mengikuti program sanad tilawah.

PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM

Study Tour tentang Pembebasan Konstatinopel

Pemaparan sejarah akan lebih terasa dan terbayang ketika kita mengunjungi langsung tempat atau situs Pembebasan Konstatinopel.

Mahasiswa di IEP Istanbul Turki

Study Tour ke Makam Syuhada

Di Turki, khususnya di Istanbul, terdapat makam para sahabat yang dikebumikan disana, seperti sahabat Abu Ayyub Al-Anshari r.a.

Hal ini erat kaitannya dengan peristiwa-peristiwa bersejarah dalam masa keemasan Rasulullah saw dan para sahabat.

Study Tour ke Situs Arkeologis dan Bersejarah

Mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan berperadaban tinggi. Mengenal sisa-sisa peninggalan masyarakat masa lalu, sisi kehidupannya, nilai-nilai yang dipakai, juga kisah-kisah umat terdahulu. Diantaranya; HippodromeBlue MosqueHagia Sophia MuseumTopkapi Palace dan tempat lainnya.

KUNJUNGAN SILATURAHMI KE KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA (KJRI) DI ISTANBUL

Sebagai program yang diakui dan terlegitimasi, kami melakukan lawatan silaturahmi ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Turki di kota Istanbul.

Alhamdulillah, pihak KJRI sangat menyambut hangat kedatangan rombongan International Education Program (IEP). Dan sangat mendukung program khusus seperti ini. Pada kesempatan lain, para peserta dikondisikan mendapatkan materi kebangsaan dan kebhinekaan yang disampaikan oleh perwakilan KJRI.

AGENDA MEMPERKENALKAN RAGAM SENI BUDAYA INDONESIA KE MASYARAKAT TURKI DAN INTERNASIONAL

Dalam agenda Independence Day (HUT Republik Indonesia) dan agenda pertemuan-pertemuan khusus yang lainnya, peserta yang juga dibantu oleh mahasiswa dan mahasiswi yang sedang kuliah di Turki, selalu bersemangat untuk menampilkan ragam seni budaya dan kekhasan setiap daerah di Indonesia, seperti menampilkan busana daerah, tari daerah dan kuliner daerah.

BIAYA KONTRIBUSI

NoUraianRupiahDollarKeterangan
1Booking seat dan registrasiRp. 500.000
2Daftar Ulang tahun 1 (pertama)Rp. 12.500.000 PKBM, Seragam, Karantina, medical Check up, psikotes.
3Biaya Pendidikan :   Semester 1           $ 6000 (USD) Ticket pemberangkatan(Indo – Turki), Biaya pendidikan, biaya tempat tinggal (apartemen), biaya akomodasi, biaya Asuransi kesehatan dengan plafon
  4  Semester 2   $ 6000 (USD)Ticket pemberangkatan(Indo – Turki), Biaya pendidikan, biaya tempat tinggal (apartemen), biaya akomodasi, biaya Asuransi kesehatan dengan plafon
5Daftar Ulang pertahunRp. 6.000.000PKBM HIAMA/ MA MULTAZAM

FASILITAS

  • – Tiket PP (Jakarta – Istanbul)
  • – Residence Permit
  • – Tempat tinggal
  • – Makan tiga kali sehari (Indonesian Food, Turkish Food, dan Arabian Food)
  • – Transportasi dan akomodasi program
  • – Program –program:

(Tahfizh, Sanad, Leadership, Dirasah Islamiyah, Bahasa Arab, Bahasa Turki dan Napak Tilas pembebasan Konstantinopel)


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *