Ponpes TEI Multazam

Magelang – Setelah selesai menempuh Ujian Nasional (UN), santri kelas 12 Pesantren Terpadu Ekonomi Islam Multazam mengadakan “Rihlah Takhrij” /Wisata Pelapasan Santri dengan daerah tujuan kota Jogjakarta. Dalam kesempatan tersebut, para santri Multazam berkunjung dan bermalam di Pesantren Ihsanul Fikri, Magelang, sebelum melanjutkan perjalanannya menuju ke Candi Borobudur.

Rombongan tiba di Pesantren Ihsanul Fikri pukul 00.00 dan disambut oleh Kepala Kepesantrenan Ustadz Ahmad Kasban MA, setelah sebelumnya mampir dan makan malam di rumah Ustazah Nurma Irnawati, salah seorang guru dan staff Pesantren Multazam di daerah Temanggung.

Dalam pertemuan, para santri Multazam yang sebentar lagi akan lulus dan menjadi alumni mendapat arahan dan bekal dari pengasuh Pesantren Ihsanul Fikri, KH. Hanafi. Belaiau mengingatkan bahwa para santri setelah lulus akan melihat situasi dunia yang berbeda dengan dunia pesantren selama ini. Oleh sebab itu, saat para santri lulus dan keluar dari pesantren, setidaknya harus mengamalkan 4 (empat) ihsan.

“Keempat Ihsan itu adalah: pertama, ihsan kepada Allah (berbuat baik pada Allah), yakni melaksanakan segala kewajiban kita kepada Allah, serta hanya berharap kepada Allah. Kedua, Ihsan kepada diri sendiri, yaitu perlakukan diri dengan baik dan jangan bersikap yang akan merugikaan diri sendiri. Salah satu contoh yang dapat merugika diri sendiri adalah kebiasaan merokok. Ketiga; Ihsan kepada manusia, termasuk kepada kedua orang tua. Keempat: Ihsan kepada semua makhluk. Oleh sebab itu, Rasulullah saw mengajarkan kita jika menyembelih hewan harus dengan cara ihsan.” ujarnya.

“Saat ini, banyak santri kami yang sudah  go internasional: ada yang di Timur Tengah, Rusia, Turki, China dan lain-lain. Ini menunjukkan bahwa santri yang dibekali dengan tarbiyah adalah santri yang siap menjadi manusia yang bermanfaat di tingkat Dunia. Oleh sebab itu, dimanapun kalian berada, jangan meninggalkan tarbiyah, karena dialah yang membangun karakter manusia hidup lebih bermanfaat.” Tambahnya

Setelah foto bersama dengan para pimpinan pesantren Ihsanul Fikri, rombongan santri Multazam bertolak menuju Candi Borobudur.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *